Beranda Otomotif Cara Mudah Merawat Vespa Tua Agar Tetap Prima

Cara Mudah Merawat Vespa Tua Agar Tetap Prima

5
0
Cara Mudah Merawat Vespa Tua Agar Tetap Prima

Royyan.net – Bila Anda penyuka Vespa tua, pastinya perlu perawatan khusus agar tetap nyaman dikendarai, meskipun itu hanya seminggu sekali. Anda wajib memahami bagaimana perawatan yang tepat dan benar pasalnya potensi kerusakan yang terjadi sewaktu-waktu bisa terjadi.

Mengingat usianya yang terbilang sudah tua, apalagi Vespa memiliki mekanisme sistem yang berbeda dibandingkan motor lain. Ada beberapa komponen diperlukan perhatian khusus, misalnya karburator yang rentan terhadap beberapa kendala atau kerusakan.

Karena komponen tersebut berpotensi merusak komponen lain bila terlambat melakukan penanganan apabila suatu waktu terjadi kerusakan. Bagi Anda yang baru mempunyai Vespa, perlu mengetahui cara merawat motor Vespa tua agar performanya tetap terjaga secara maksimal.

Hindari Tangki Berkerak

Sebaiknya gunakan bahan bakar dengan kadar oktan tinggi. Ini dilakukan agar sistem pembakaran pada mesin menjadi lebih ringan dan efisien. Sehingga, tidak memberatkan mesin ketika dihidupkan.

Yang terpenting dalam penggunaan bahan dengan kandungan oktan tinggi, akan mencegah terjadinya tangki bahan bakar berkerak. Karena bila dibiarkan secara terus menerus akan menghambat saluran pada bagian sistem pembakaran. Dengan menggunakan bakar oktan tinggi akan mampu mencegah kondisi tersebut.

Pakailah Oli Samping Berkualitas

Pada umumnya, oli samping berkualitas di sini sangat erat kaitannya dengan merk yang mana dijual di pasaran. Penggunaan oli berkualitas, untuk mengurangi endapan bahan aditif dari oli agar tidak meninggalkan kerak. Sebaiknya gunakan oli samping ternama meskipun harganya sedikit mahal asalkan berkualitas dan tidak merusak mesin motor.

Rutin Mengganti Oli

Lakukan penggantian oli secara rutin dalam rentang waktu sebulan sekali meskipun dipakai atau tidak. Sebaiknya sebulan sekali Vespa tua Anda harus diservis karena berkenaan dengan performa mesin. Perlu diketahui oli mestinya mendapatkan pembaruan rutin saat digunakan untuk melumasi mesin tua. Inilah yang memicu pentingnya keberadaan oli sebagai pelumas mesin.

Selalu Cek Aki Vespa

Bila vespa yang sudah menggunakan aki, selalu melakukan kontrol terhadap kondisi aki. Karena komponen yang satu ini memerlukan perawatan yang rutin sebab setiap kali mesin dihidupkan maka aki pun nantinya akan tersisi arus listrik.

Untuk menjaga sekaligus mencegah dampak buruk tersebut maka sangat diperlukan kontrol rutin. Diperlukan pembersihan rutin pada bagian kepala aki dengan menggunakan kuas yang telah dibasahi dengan menggunakan air panas.

Bila vespa Anda akan ditinggal lama, lepas akinya dari motor dan simpan dalam tempat yang bersih dan kering. Ini untuk meminimalisir pergerakan arus yang terjadi secara berkelanjutan.

Pengecekan Karburator Secara Rutin

Karburator pada motor vespa merupakan komponen yang cukup sering terkendala masalah, apalagi pada beberapa motor vespa tua. Umumnya problem pada karburator biasanya dipicu karena komponen ini mengalami penyumbatan. Dampak negatif dari masalah ini bisa menyebabkan akselerasi vespa Anda menjadi tidak nyaman.

Cucilah bagian-bagian karburator dengan menggunakan bensin dan tiup saluran-saluran bensin dan udara. Hal ini diharapkan bisa membersihkan secara maksimal setiap sela pada karburator.

Merawat Kran Bensin

Membersihkannya, Anda perlu mencucinya sekaligus membersihkan bagian tangki dengan bensin supaya kotoran terbuang. Sedangkan untuk saluran keran bensin rendam dengan bensin dan bersihkan.

Lakukan Servis Rutin

Lakukan perawatan ringan berupa servis rutin ringan pada vespa Anda. Langkah ini merupakan salah satu cara paling ampuh yang bisa Anda maksimalkan. Paling tidak dua bulan sekali atau sebulan sekali. Dengan melakukan servis rutin maka diharapkan beberapa kerusakan awal langsung diketahui dan langsung dilakukan tindakan perbaikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini