Beranda Tips Cara Mengaktifkan Smart Sidebar di Handphone OPPO

Cara Mengaktifkan Smart Sidebar di Handphone OPPO

3
0
Cara Mengaktifkan Smart Sidebar di Handphone OPPO

Royyan.net – ColosOS merupakan sistem antarmuka buatan OPPO yang merupakan modifikasi dari sistem operasi Android. Berkat modifikasi ini, OPPO pun berhasil menghadirkan beragam fitur menarik yang tidak ada di sistem operasi Android murni.

Smart Sidebar salah satunya merupakan fitur andalan dari handphone OPPO yang sudah ada sejak ColorOS 6. Fitur ini menghadirkan menu melayang di layar yang dapat menampilkan pintasan bagi pengguna dalam mengakses screenshot, screen recording, membuka aplikasi kamera, SMS, kalkulator, melihat data di File Manager, dan masih banyak lagi.

Pengguna handphone OPPO sendiri dapat memanfaatkan Smart Sidebar dalam menunjang aktivitas sehari-hari dengan mengakses fungsi dan aplikasi secara cepat karena posisi fitur ini berada di bagian pinggir layar.

Apabila Smart Sidebar sedang tidak digunakan, maka bentuk fitur ini akan menjadi sebuah garis kecil sehingga tidak mengganggu aktivitas pengguna ketika mengakses sebuah aplikasi, menonton video, maupun memainkan game.

Berkat fungsinya yang memudahkan pengguna, maka OPPO pun masih menghadirkan Smart Sidebar pada ColorOS 7.1. Bagi kamu yang ingin mengaktifkan Smart Sidebar, maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Aktivasi Smart Sidebar

  1. Pertama, buka menu atau aplikasi Settings pada handphone OPPO
  2. Selanjutnya cari menu Convenience Tools
  3. Kemudian pilih menu Smart Sidebar dan aktifkan dengan menggeser toggle menjadi warna hijauh
  4. Setelah fitur ini aktif, maka kamu dapat langsung melihat sebuah garis putih hampir transparan di halaman homescreen
    OPPO Smart Sidebar Settings

Sebagai catatan, kamu dapat mengaktifkan menu Hide Floating Bar on Fullscreen App pada halaman Smart Sidebar agar fitur ini disembunyikan ketika aplikasi ditampilkan secara fullscreen (memenuhi layar). Misalnya saja kamu membuka aplikasi game, maka Smart Sidebar tersembunyi atau tidak terlihat.

Hal ini dihadirkan untuk memberikan kenyamanan pada pengguna ketika sedang bermain game agar tidak mendapatkan gangguan dengan munculnya garis putih di bagian pinggir layar. Namun apabila kamu benar-benar ingin membuat garis putih tersebut tidak tampak di homescreen sekalipun, maka dapat memilih menu Transparent.

Menggunakan Smart Sidebar

  1. Setelah Smart Sidebar aktif, maka garis putih akan terlihat di bagian pinggir layar (kiri atau kanan tergantung smartphone)
  2. Selanjutnya, sapu atau swipe layar dari bagian pinggir ke tengah pada bagian garis putih
  3. Menu melayang Smart Sidebar akan muncul
  4. Pada menu ini, kamu dapat mengakses berbagai macam fungsi dan aplikasi secara cepatOPPO Smart Sidebar Access

Sebagai catatan, kamu juga dapat menambahkan aplikasi lain pada tombol Edit (berlogo +) pada Smart Sidebar. Sebanyak 20 aplikasi dapat sekaligus dihadirkan pada fitur yang satu ini. Tidak hanya itu, kamu juga mengaktifkan fitur Split Screen dengan melakukan drag & drop aplikasi dari Smart Sidebar ke homescreen.

Smart Sidebar merupakan salah satu fitur menarik yang hadir di ColorOS karena menawarkan kemudahan untuk mengakses beberapa fungsi dan aplikasi secara cepat langsung dari homescreen tanpa harus mencarinya terlebih dulu.

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini