Beranda Tips Cara Mematikan Sensor Proximity di HP OPPO Jika Sedang Bermasalah

Cara Mematikan Sensor Proximity di HP OPPO Jika Sedang Bermasalah

2
0
Gadgetren

Royyan.net – Pada sebuah handphone, sensor Proximity mempunyai fungsi sebagai pendeteksi perubahan jarak suatu obyek terhadap sensor ini, biasanya sekitar 1mm.

Biasanya sensor Proximity hanya digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu obyek terhadap handphone. Misalnya saja kamu sedang menerima panggilan telepon dan mendekatkan handphone ke telinga, maka sensor ini akan membuat layar menjadi istirahat atau terkunci secara otomatis agar tidak aktif ketika tersentuh telinga.

Namun terkadang sensor ini bisa saja menjadi masalah ketika kamu sedang melakukan telepon atau video call WhatsApp karena layar akan beristirahat secara otomatis. Hal ini pastinya membuat kamu sedikit kesal karena membuat kamu tidak bisa melihat lawan bicara.

Untuk itulah, sebagian pengguna handphone OPPO banyak yang penasaran mengenai cara mematikan sensor Proximity untuk suatu hal. Sebenarnya pada Android di bawah versi 7 Nougat, fitur ini masih disediakan pada menu atau aplikasi Settings perangkat OPPO.

Seiring berjalannya waktu, fitur untuk mematikan sensor termasuk Proximity dihilangkan dari menu atau aplikasi Settings untuk menjaga keamanan bagi penggunanya agar tidak menonaktifkan sensor handphone secara sembarang karena sifatnya yang cukup penting.

Untuk itu, kamu membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga yang dapat diunduh di Google Play Store.

Cara Mematikan Sensor Proximity di HP OPPO

  1. Pertama, unduh dan instal Proximity Sensor On Off dari Google Play Store
  2. Setelah terinstal di handphone OPPO, maka jalankan aplikasi tersebut
  3. Pada halaman utama aplikasi, kamu akan melihat Service Enabled aktif
  4. Geser Service Enabled untuk mematikannya
  5. Selanjutnya, sensor Proximity handphone akan mati

Proximity Sensor Screen On Of

Apabila kamu ingin menghidupkan kembali sensor Proximity, maka tinggal menghidupkan kembali Service Enabled melalui langkah di atas. Selanjutnya, kamu dapat mencoba melakukan aplikasi video call di WhatsApp. Apabila Proximity berhasil mati, maka layar tetap menyala.

Sebaiknya kamu melakukan penonaktifan sensor Proximity apabila sedang mengalami masalah saja karena sebaiknya sensor Proximity memang jangan dimatikan. Sensor ini berguna untuk berbagai hal seperti mengunci layar otomatis atau lainnya.

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

The post Cara Mematikan Sensor Proximity di HP OPPO Jika Sedang Bermasalah first appeared on Royyan.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini