Beranda Otomotif Bridgestone Bikin Ban Khusus untuk Mobil Listrik yang Lebih Ringan

Bridgestone Bikin Ban Khusus untuk Mobil Listrik yang Lebih Ringan

2
0
Jawapos

Royyan.net – Trend penjualan mobil listrik di Indonesia memang belum secemerlang mobil berbahan bakar pada umumnya. Hal ini berbanding terbalik dengan di Eropa. Dimana peminat mobil listrik meningkat sebesar 58% di quartal 1 di 2020 dengan jumlah penjualan mencapai 220 ribu unit. Kesadaran masyarakat akan manfaat mobil listrik terhadap lingkungan rupanya membuat penjualannya terus meningkat.

Menyambut trend mobil listrik di Eropa, Bridgestone kembali berkolaborasi dengan Volkswagen untuk mempersembahkan sebuah terobosan baru. Menghadirkan ban dengan berat yang ringan untuk kendaraan listrik terbaru, Volkswagen ID.3.

Bridgestone menciptakan ban Turanza Eco pertama yang dirancang khusus untuk ID.3 dan merupakan ban pertama yang memiliki bahan baku lebih sedikit dari biasanya. Dengan Teknologi Enliten yang ramah lingkungan, membuat ban Turanza Eco memiliki hambatan gulir yang sangat rendah.

ID.3 adalah kendaraan listrik pertama dari Volkswagen  diciptakan untuk memberikan manfaat berkendara bagi mereka yang terbiasa mengendarakan mobilnya sehari-hari. Selama pengembangan ID.3, Volkswagen mencari ban yang dapat memberikan performa tingkat tinggi baik di permukaan basah maupun kering.

Lalu juga dengan sistem pengereman yang sangat baik, umur ban yang panjang, dan yang paling penting memiliki hambatan gulir yang sangat rendah. Hal ini dikarenakan hambatan gulir sangat berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar, dalam hal ini daya tahan baterai ID.3. 

Bridgestone menjawab semua kebutuhan tersebut dengan menciptakan ban Turanza dengan teknologi Enliten. Teknologi ini membuat ban menjadi lebih ringan dengan inovasi terbaru dari Bridgestone. Ban ini menggunakan material yang lebih sedikit dan mengasilkan hambatan gulir yang rendah. 

Ban ini diklaim memberikan hambatan gulir lebih rendah 30% dari ban musim panas premium lainnya. Hal ini berkontribusi pada kondisi mesin saat pembakaran hingga konsumsi bahan bakar dan saat emisi CO2.

Secara signifikan menghemat pemakaian baterai pada mobil listrik – memastikan bahwa para pengemudi ID.3 dapat menikmati perjalanan sejauh mungkin. Sebagai tambahan, ban  ini mampu menghemat bahan bakar/baterai hingga 20% dibandingkan dengan ban musim panas premium lainnya.

Hal ini setara dengan penggunaan bahan baku yang 2kg lebih ringan dibandingkan dengan kebutuhan bahan baku ban regular lainnya, sebuah keuntungan tambahan dari sisi sumber daya dan lingkungan.

Keselarasan antara material-material unik yang digunakan dalam menciptakan Teknologi Enliten dan proses pencampuran bahan baku unik dapat meningkatkan performa kompon tanpa mengenyampingkan pentingnya daya cengkram. Kedua hal tersebut dikombinasikan dengan pola telapak tiga dimensi yang memaksimalkan kinerja saat berada di permukaan basah dan kering.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini