Beranda Otomotif Bila Motor Mendadak Mati Setelah Dicuci, Periksa 3 Komponen ini

Bila Motor Mendadak Mati Setelah Dicuci, Periksa 3 Komponen ini

2
0
Jawapos

Royyan.net – Bagi Anda pengguna motor, mecuci kendaraan agar terlihat “kinclong” menjadi kepuasan tersendiri, apalagi setelah melintas genangan air saat hujan. Sudah menjadi kewajiban agar komponen tak berkarat terkena asamnya air hujan.

Namun perlu diperhatikan, bila mencuci motor tidak boleh asal mencuci saja, jangan sampai saat selesai dibersihkan, motor kesayangan menjadi sulit untuk distarter atau dihidupkan. Meskipun  tidak berbahaya untuk kesehatan motor, namun hambatan seperti ini bisa sangat mengganggu, khususnya saat sedang terburu–buru.

Hal ini sangat sering terjadi di masyarakat, memang ini sangat menjengkelkan dalam situasi dibruh waktu. Ada beberapa komponen yang harus diperiksa bila motor susah dihidupkan setelah dicuci, yang jelas jangan panik terlebih dahulu.

Pertama periksalah kop busi motor juga bisa menjadi masalah utama pada mogoknya motor karena air bisa cukup mudah masuk ke dalam bagian itu. Kop busi merupakan bagian yang menghubungkan kabel busi dengan busi. Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu mencopot kop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.

Langkah kedua periksalah perangkat sistem pengapian, tidak hanya cop busi, bagian elektroda dari busi juga mungkin saja mengalami kelembaban kerana terkena air ketika motor dicuci. Selain memastikan komponen ini kering, kita juga sebaiknya mengecek kondisi kelistrikan.

Caranya mudah, pasang busi pada kop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Lalu, nyalakan motor dengan kick starter. Kalau ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan dari motor tidak bermasalah.

Ketiga, periksalah karburator karena ketika dicuci, mungkin saja ada air yang tidak sengaja masuk ke dalam mangkuk karburator. Komponen yang satu ini adalah lokasi pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara dan keberadaan air tentu sudah pasti bisa sangat mengganggu. Solusinya, coba buka mangkuk karburator dengan sebelumnya Anda harus sudah menutup kran bensin terlebih dahulu.

Pada intinya saat mencuci minimalkan ketiga komponen tersebut terkena air secara langsung, dan sebelum menyalakan kendaraan sebelum dicuci keringkan dan basuh dengan lap kering pada kompenen vital tersebut. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini