Beranda Otomotif Bila Ban Mobil Berisik Saat Berbelok Sebaiknya Lakukan Hal Ini

Bila Ban Mobil Berisik Saat Berbelok Sebaiknya Lakukan Hal Ini

2
0
Jawapos

Royyan.net – Mobil butuh perawatan, apalagi intensitas pemakaiannya sangat sering (tiap hari) belum lagi jarak tempuhnya sangat jauh. Masalah kaki-kaki yang sering dialami mobil yang berusia lebih dari empat tahun.

Salah satu ciri mobil yang bermaslah dengan kaki-kaki adalah saat berkendara tiba-tiba mobil mengeluarkan suara asing pada bagian ban ketika berbelok ke kanan atau pun kiri. Terkadang kita tidak sadar akan hal ini, meskipun mengendarai mobil sendiri.

Hal ini akan merugikan Anda dari dalam semua hal, mulai dari performa mobil yang tidak lagi maksimal seperti biasanya, hingga tingginya resiko kecelakaan. Bahkan ini tidak hanya membahayakan pengemudi saja, melainkan penumpangnya yang ada didalamnya.

Menghindari hal ini, saat Anda mendengar suara muncul pada mobil dengan frekuensi yang cepat ketika berbelok kanan dan kiri sebaiknya segera melakukan pengecekan. Jangan ragu untuk datang ke bengkel resmi atau spesialis yang terpercaya untuk mengecek gejala ini.

Biasanya, kemungkinan besar kaki-kaki mobil, ini bisa dikarenakan Anda jarang melakukan pengecekan berkala yang seharusnya Anda lakukan. Bunyi berisik pada mobil memiliki beragam penyebab. Bisa jadi tie road mobil mengalami masalah, atau absorber mobil sudah mulai rusak, kaliper rem. Bisa juga as kopel yang semuanya merupakan komponen penting pada mobil mengalami penurunan performa.

Perlu diketahui juga bila penyebabnya As Kopel, biasanya tak hanya muncul bunyi saat berbelok kanan atau kiri. Tapi dalam keadaan jalan lurus juga akan timbul suara berisik dalam berbagai variasi kecepatan.

Suara tersebut bisa semakir keras, nyaring, dan cepat jika saat berbelok dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Untuk mengetahui parah atau tidaknya tingkat kerusakannya, maka Anda hanya perlu dengarkan saja suaranya.

Bila suara yang dihasilkan semakin keras, maka segeralah menuju bengkel untuk melakukan pengecekan. Jangan sampai menunggu hingga suara tersebut semakin keras baru dibawa ke bengkel, ini untuk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi. Bila hal ini tak mau terjadi, lakukan perawatan berkala secara rutin. Semoga hal ini bermanfaat bagi Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini