Beranda Otomotif Benelli Tantang Honda Gold Wing, Siap Luncurkan 1200 GT

Benelli Tantang Honda Gold Wing, Siap Luncurkan 1200 GT

3
0
Benelli Tantang Honda Gold Wing, Siap Luncurkan 1200 GT

Royyan.net – Gold Wing adalah salah satu motor ikonik dari Honda. Moge bergenre touring ini telah meraih reputasi sebagai motor yang andal dan nyaman untuk perjalanan jarak jauh. Namun, pabrikan asal Negeri Matahari Terbit itu harus waspada. Pesaing Gold Wing akan datang dari Benelli. Brand asal Italia itu akan meluncurkan motor bergenre serupa, yaitu 1200 GT.

Tak hanya bergenre sama, bentuknya pun sebelas-dua belas dengan Gold Wing. Sebelumnya, pabrikan sepeda motor asal Italia yang kini berada di bawah Zhejiang Qianjiang Motorcycle Group, Tiongkok itu memang  mengungkap strategi produk baru yang agresif untuk beberapa bulan mendatang. Dan salah satu yang dilakukannya adalah membesut moge touring 1200GT.

All New Benelli 1200 GT muncul di Chongqing Motor Show 2020 di Tiongkok. Salah satu fitur model baru yang paling menarik pada pesaing Gold Wing ini adalah mesin dengan kubikasi 1.200 cc seperti penamaannya dan memiliki pendingin cairan yang merupakan versi upsized dan upgrade dari 1.130 cc inline-triple Benelli yang sebelumnya digunakan di Tornado dan Tre-K dan disebut memiliki 134 tenaga kuda.

Meski sudah diungkapkan, harga Benelli 1200 GT belum tersedia. Tujuan Benelli dengan 1200 adalah untuk menawarkan pasar Asia pilihan yang nyaman dengan harga yang kompetitif.

Seperti sudah disinggung di atas, dari segi tampilan, desainnya memiliki bentuk yang mirip dengan Honda Gold Wing. Model ini hadir dengan sistem suspensi depan upside-down, kopling hidrolik, satu set rem Brembo, pengapian push-start, pegangan tangan dan sadel berpemanas, dan bahkan spion yang dapat disetel secara elektronik.

Menurut Bike Social, motor tersebut juga dilengkapi dengan sepasang kamera depan dan belakang, meskipun Benelli belum memastikan bagaimana mereka akan digunakan. Di sisi dasbor, terlihat instrumen kemudi dengan pengukur rpm analog dan speedometer serta penutup plastik yang memberikan nuansa khas motor dari era 1990-an, meski demikian, area cluster meter ini menyertakan tampilan warna digital.

Benelli 1200GT diharapkan akan tersedia pada awal 2021. Patut dinantikan, apakah moge anyar itu akan menjadi pesaing bagi Gold Wing yang reputasinya sudah tidak perlu dipertanyakan. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini