Beranda Tips Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Menunjang WFH

Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Menunjang WFH

5
0
Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Menunjang WFH

Kebutuhan akan aplikasi video conference sangat meningkat seiring dengan anjuran pemerintah kepada seluruh perusahaan di Indonesia untuk melakukan aktivitas Work From Home (WFH) karena adanya pandemi virus corona ini.

Meski harus bekerja dari ruma, aktivitas tatap muka masih bisa dilakukan meski terpisah jarak dan koordinasi antar tim juga masih bisa terjalin dengan baik.

Aplikasi video conference pun sangat banyak dan masing-masing memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Nah inilah rekomendasi 10 aplikasi video conference terbaik yang bisa Anda gunakan.

1. Zoom Meeting

Semenjak merebaknya wabah virus corona di Indonesia, zoom adalah aplikasi video conference yang paling banyak digunakan oleh para karyawan yang bekerja dari rumah. Aplikasi video conference zoom ini bisa dibilang terbaik karena bisa menampung hingga 1.000 orang.

Zoom tidak hanya bisa digunakan untuk video conference saja. Tapi juga bisa digunakan untuk audio conference, live chat, record meeting hingga webinars. Layanan yang satu ini memang sangat membantu saat Anda harus bekerja dari rumah.

2. Google Hangouts Meet

Bagi Anda yang sangat senang dan selalu mengandalkan layanan dari Google, maka aplikasi Google Hangouts Meet bisa menjadi sarana video conference terbaik untuk Anda. Karena aplikasi ini sudah terhubung dengan aplikasi Google lainnya. Jadi jika Anda ingin mengundang teman untuk menggunakan Google Hangouts Meet jadi lebib mudah.

Bahlan Google Hangouts Meet sudah terkoneksi langsung dengan Google Calender, jadi Anda tidak perlu bingung mencari cara untuk langsung bergabung ke video conference.

3. Skype

Sype adalah aplikasi video conference paling favorit sejak dulu, dan sudah sangat banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan aplikasi ini untuk panggilan video. Aplikaksi ini juga bisa digunakan untuk video conference dengan banyak user dengan fitur “meet now”.

Skype memiliki beberapa fitur unggulan diantaranya yaitu, dapat merekam panggilan hingga 30 hari, dapat membagikan presentasi untuk dibahas bersama, dan juga dapat mengaburkan background (hanya berlaku pada aplikasi)

4. Google Duo

Aplikasi video conference yang satu ini berbeda dari yang lain, karena memiliki kapasitas yang minim yakni hanya 12 orang saja. Jadi untuk Anda yang ingin membahas suatu pekerjaan tidak lebih dari 12 orang bisa menggunakan aplikasi ini.

Google Duo bisa digunakan di perangkat seperti iOS, Android, tablet dan juga bisa melalui webite.

5. Slack

Aplikasi yang satu ini digadang-gadang akan menggantikan peran e-mail pada sebuah perusahaan atau tempat kerja, karena menjanjikan fleksibilitas sebuah aplikasi chatting namun fitur-fitur layaknya sebuah e-mail.

Selain menyediakan layanan untuk chatting, slack juga menyediakan layanan video conference yang mudah digunakan. Tapi kapasitasnya tidak banyak, maksimal 15 orang saja.

6. Cisco WebEx

Cisco WebEx sangat cocok untuk digunakan untuk bisnis berskala besar dan dengan karyawan dengan jumlah yang sangat banyak. Aplikasi ini dianggap sebagai layanan video conference terbaik karena mampu menyajikan kualitas gambar yang baik selama berjalannya video conference.

Cisco WebEx juga memastikan jika suara latar selama meeting akan terminimalisir dengan baik, dengan demikian Anda tidak akan terganggu saat sedang melangsungkan video conference.

7. Jitsi

Jitsi adalah satu-satunya aplikasi video conference yang bisa digunakan secara gratis, maka dari itu tidak ada paket premium atau berbayar lainnya pada Jitsi.

Walaupun gratis tetapi Jitsi memiliki fitur yang cukup lengkap seperti share screen, mengedit dokumen dengan Etherpad, bertukar pesan selama meeting, dan jumlah peserta yang hampir tak terbatas.

Jitsi juga bisa Anda hubungkan langsung dengan layanan live stream Youtube yang bisa di akses oleh siapapun.

The post Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Menunjang WFH appeared first on Royyan.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini