Beranda Tips Apa Itu Fitur Baru Vanish Mode di Instagram? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Itu Fitur Baru Vanish Mode di Instagram? Bagaimana Cara Menggunakannya?

8
0
Gadgetren

Royyan.net – Akhir-akhir ini sebagian orang di dunia sedang ramai membahas mengenai kehadiran fitur terbaru dari Instagram yang bernama Vanish Mode.

Untuk tetap relevan dan bersaing dengan para kompetitornya, Instagram terus mengeluarkan fitur-fitur terbaru yang menarik untuk digunakan oleh para penggemarnya. Nah fitur Vanish Mode yang baru dirilis pun langsung mendapat perhatian yang cukup besar.

Penasaran dengan apa itu Vanish Mode yang kini tengah menjadi perbincangan? Berikut ini informasi yang telah tim Royyan.net rangkum

Penjelasan Fitur Vanish Mode di Instagram

Vanish Mode atau mode menghilang adalah fitur baru yang dikeluarkan oleh Instagram yang memungkinkan kamu dapat mengirimkan DM (Direct Message) yang dapat menghilang secara tomatis setelah pesan tersebut dibuka oleh pengguna Instagram lain dan keluar dari obrolan.

Bisa dibilang fitur ini sangat berguna bagi kamu yang ingin menjaga privasi percakapan agar tidak dilihat oleh orang lain, baik sengaja maupun tidak sengaja. Hal ini sepintas mirip seperti fitur milik Snapchat yang secara otomatis akan menghapus setelah satu hari berlalu.

Namun, Vanish Mode memiliki batas waktu yang lebih cepat lagi, dimana setelah penerima mendapatkan pesan di ruang DM dan keluar dari percakapan maka secara otomatis pesan akan dihapus oleh sistem Instagram.

Dengan kata lain, fitur ini cukup berguna untuk menjaga kerahasiaan antara pengirim dan penerima agar pesan tidak diketahui orang lain sekalipun walaupun obrolan diretas.

Sementara itu kamu dan penerima harus sama-sama mengaktifkan Vanish Mode pada kolom obrolan DM agar fitur ini dapat menghapus pesan yang telah dilihat. Meskipun sudah muncul di sebagian orang, namun saya belum mendapatkan fitur ini di aplikasi Instagram padahal sudah memasuki versi terbaru.

Kemungkinan besar, Instagram memberikan update fitur ini secara bertahap kepada para pengguna aplikasinya sehingga kita perlu menunggu agar Vanish Mode muncul di aplikasi bagi yang belum mendapatkannya.

Cara Menggunakan Vanish Mode Instagram

  1. Pastikan aplikasi Instagram kamu sudah memasuki versi terbaru
  2. Kemudian, buka aplikasi Instagram dan langsung ke menu Direct Message
  3. Cari akun pengguna Instagram yang akan dikirim pesan
  4. Setelah masuk di kolom DM, aktifkan Vanish Mode dengan cara menyapu atau swipe dari bagian bawah layar ke atas
  5. Nantinya akan muncul pesan Swipe up to turn on Vanish Mode
  6. Selanjutnya, layar DM akan berubah menjadi hitam dan menandakan bahwa telah memasuki Vanish Mode
  7. Kirim pesan berupa teks, video, atau foto seperti biasa
  8. Kamu dapat mengatur berapa banyak pesan kamu yang dapat dibuka penerima
  9. Apabila ingin cepat menghilang, maka pilih sekali saja pesan dapat dilihat lawan bicara
  10. Selanjutnya obrolan akan menghilang setiap kali kamu dan penerima pesan keluar dari kolom percakapan DM

Vanish Mode Instagram

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, kamu dan penerima pesan harus sama-sama memastikan bahwa Vanish Mode telah aktif di aplikasi masing-masing agar pesan dapat terhapus setelah keluar dari kolom percakapan DM.

Apabila kamu melakukan screenshot terhadap pesan yang diterima, maka aplikasi Instagram akan menampilkan notifikasi You took a screenshot. Nah bagi kamu belum mendapatkan fitur ini di kolom DM, maka harus bersabar dan menunggu hingga Instagram memberikan update fitur terhadap aplikasi yang kamu gunakan.

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

The post Apa Itu Fitur Baru Vanish Mode di Instagram? Bagaimana Cara Menggunakannya? first appeared on Royyan.net.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini