Beranda Tips Apa Itu Activation Lock di iPhone?

Apa Itu Activation Lock di iPhone?

2
0
Apa Itu Activation Lock di iPhone?

Royyan.net – Pada fitur Find My di iPhone, iPad, atau iPod Touch terdapat fitur Activation Lock yang dirancang untuk mencegah orang lain menggunakan salah satu perangkat tersebut ketika  hilang atau dicuri oleh orang tak bertanggung jawab.

Activation Lock akan aktif secara otomatis apabila pengguna iPhone, iPad, atau iPod Touch mengaktifkan fitur Find My. Nantinya Activation Lock ini akan membantu kamu mengamankan perangkat Apple walaupun dicuri oleh orang jahat serta meningkatkan kesempatan kamu untuk memulihkannya.

Meskipun kamu menghapus data yang berada di iPhone, iPad, atau iPod Touch secara jarak jauh, namun Activation Lock dapat terus menghalangi siapa pun untuk mengaktiffkan kembali perangkat Apple kamu tanpa izin.

iPhone-11-Display

Kamu hanya perlu memastikan bahwa fitur Find My sudah aktif pada perangkat mobile Apple kamu dan mengingat Apple ID serta password yang dimiliki. Menurut pihak Apple, fitur Activation Lock ini akan benar-benar membuat iPhone, iPad, atau iPod Touch terkunci apabila orang yang mengaksesnya tidak mengetahui Apple ID beserta password yang tertanam di dalamnya.

Selain itu, fitur Activation Lock juga sudah hadir untuk melindungi Apple Watch apabila sistem operasi sudah menggunakan WatchOS 2 atau versi yang lebih baru. Bahkan komputer Mac dengan yang mempunyai chip keamanan Apple T2 dan sistem operasi mac OS Catalina atau di atasnya juga sudah bisa menggunakan fitur yang satu ini.

Pihak Apple mengatakan apabila kamu mengaktifkan fitur Find My pada produk Apple, maka Apple ID akan tersimpan aman di server aktivasi Apple dan tertaut dengan perangkat Apple yang kamu miliki.

Selanjutnya, password untuk Apple ID atau passcode perangkat kamu akan diperlukan sebelum orang lain mematikan fitur Find My, menghapus data, atau mengaktifkan kembali serta menggunakan perangkat. Dengan kata lain, orang benar-benar membutuhkan Apple ID agar bisa mematikan fitur pengunci ini.

iPhone 11 Pro Water Ressist

Jika perangkat kamu hilang atau dicuri orang, Apple menyarankan agar kamu menandainya sebagai barang hilang atau Lost di situs https://www.icloud.com/find. Pada saat perangkat sudah ditandai hilang, maka layar perangkat Apple kamu akan dikunci dengan passcode.

Kamu dapat menampilkan pesan khusus yang mencamtunkan nomor telepon milikmu untuk dihubungi oleh orang yang menemukan perangkatmu ketika hilang atau memperingatkan pencuri yang mengambilnya. Apabila dibutuhkan, kamu juga dapat menghapus data perangkat dari jarak jauh dan pesan yang telah dibuat akan terus ditampilkan walaupun data perangkat sudah dihapus.

iPhone 11 Display

Meskipun pencuri menggunakan atau menjual perangkat Apple kamu, namun fitur Activation Lock akan berjalan di latar belakang dan tampilan Mode Hilang pada perangkat akan dengan jelas menunjukkan kepada siapa pun bahwa perangkat tersebut masih milikmu dan tidak dapat diaktifkan kembali tanpa Apple ID dan password yang telah kamu buat.

Bisa dibilang fitur keamanan Apple terhadap perangkat buatannya cukup kuat dan menyulitkan pencuri untuk menggunakan atau menjual kembali. Namun tetap saja banyak orang di luar sana yang menggunakan kemampuannya untuk membobol sistem keamanan ini.

Namun dengan hadirnya Activation Lock di fitur Find My membuat pencuri sedikit kerepotan apabila ingin langsung menggunakan perangkat Apple milikmu.

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini