Beranda Otomotif Alasan Lampu Indikator Nyala Terus, Tetap Tenang dan Menepi

Alasan Lampu Indikator Nyala Terus, Tetap Tenang dan Menepi

2
0
Jawapos

Royyan.net – Jangan panik dan juga jangan diremehkan bila lampu indikator mobil menyala terus, ini artinya ada suatu masalah pada mobil tersebut. Seharusnya lampu indikator di dashboard mobil hanya menyala sementara lalu langsung mati saat kunci diputar ke posisi ON.

Seperti diketahui kalau lampu indikator mobil menunjukan beberapa pertanda misalnya seperti suhu, tekanan oli dan lain-lain. Nah semua tanda lampu indikator tersebut merupakan kode perawatan mobil Anda.

Banyak pertanyaan kenapa lampu indikator di dashboard selalu menyala. Jika lampu indikator pada mobil Anda menyala secara terus-menerus, bisa dipastikan bahwa mobil Anda bermasalah dan harus segera diperbaiki.

Hal ini juga bisa mengganggu konsentrasi Anda ketika dalam perjalanan. Banyak penyebab lampu indikator mobil menyala terus. Mengetahui penyebab lampu indikator mobil terus menyala juga termasuk bentuk perawatan terhadap mobil Anda.

Jika indikator mobil Anda terus menyala, pastikan untuk segera mencari tahu penyebabnya dan langsung memperbaikinya. Biasanya, lampu indikator mobil berkaitan dengan mesin atau bagian-bagian penting mobil. Yang perlu Anda khawatirkan adalah mesin atau bagian-bagian penting mobil jika memang mengalami kerusakan. Ini dia alasan kenapa indikator mobil menyala terus.

Lampu Indikator Engine Check Menyala

Ini merupakan bagian terpenting, Jika indikator engine check menyala, berarti ada kerusakan pada mesin atau terdapat sesuatu yang tidak berfungsi pada mesin. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu apakah ada kerusakan atau malfungsi pada mesin mobil, supaya tidak ada kerusakan yang lebih buruk.

Lampu Indikator ABS(Anti-Lock Braking System) Menyala

Sama seperti lampu indikator mobil yang lain, jika lampu indikator mobil ini menyala terus menerus, bisa dipastikan bahwa ABS mengalami kerusakan, atau ada hal yang salah pada ABS mobil. Hal ini harus segera Anda perbaiki guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lampu Indikator Aki Menyala

Ketika lampu indikator aki pada mobil Anda menyala terus berarti ada masalah pada aki mobil Anda. Maka dari itu Anda harus segera mengganti daya aki mobil Anda. Jika Anda tidak segera menggantinya, kerusakan pun dapat terjadi pada mobil Anda.

Lampu Indikator Oli Menyala

Biasanya jika keberadaan oli di mesin mobil Anda habis, maka indikator oli pada mobil Anda akan menyala terus. Hal ini bisa Anda atasi dengan mengganti oli mesin mobil Anda dengan oli yang baru. Ingat ya, harus diganti dengan yang baru, jangan malah menambahkan oli baru ke oli lama Anda. Karena bisa menyebabkan kerusakan pada mobil Anda.

Lampu Indikator AirBag Menyala

Airbag biasanya hadir pada jenis-jenis mobil yang baru. Apabila indikator airbag di mobil Anda terus menyala, berarti ada sesuatu yang tidak beres dengan airbag mobil Anda tersebut. Karena airbag ini berhubungan dengan sistem keselamatan di mobil Anda, pastikan Anda menangani masalah pada airbag ini.

Nah, bila Anda mengalami seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya jangan menunda waktu untuk segera merapat ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Hal paling penting dilakukan agar mobil Anda tetap aman dan nyaman saat digunakan, lakukan perawatan rutin, semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini