Beranda Otomotif Airbag Takata di Mobil Honda Kembali Telan Korban Nyawa

Airbag Takata di Mobil Honda Kembali Telan Korban Nyawa

1
0
Airbag Takata di Mobil Honda Kembali Telan Korban Nyawa
Airbag Takata di Mobil Honda Kembali Telan Korban Nyawa

Royyan.net – Kabar kurang mengenakkan datang dari pabrikan merek Jepang. Ya, Honda Motor Company (Honda) resmi mengonformasi kematian seorang pengemudi Honda Civic model 2002 di Amerika Serikat (AS) yang disebabkan airbag Takata yang bermasalah di mobil tersebut.

Dilansir dari laman Reuters, konfirmasi dari pihak Honda disampaikan pada Sabtu (3/10). Dimana sebelumnya Honda bersama Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat memberikan penyataan atas insiden yang terjadi.

Dalam insiden tersebut, korban merupakan orang ke-15 yang meninggal dengan penyebabnya airbag yang cacat produksi dari Takata dimobil Honda.

“Honda mengkonfirmasi bahwa inflator kantung udara yang rusak menjadi penyebab kecelakaan pengemudi Honda Civic 2002 di Mesa, Arizona (AS) dan menyebabkan kematian,” dari keterangan NHTSA dalam situs resminya, Nhtsa.govt, Sabtu (3/10).

Hal lain juga disebutkan kalau airbag Takata yang cacat produksi tersebut meledak karena tekanan yang berlebihan. Dalam ledakan yang terjadi diikuti oleh serpihan komponen-komponen yang mengenai pengemudi itu dan menyebabkan nyawa korban melayang.

Terkait hal ini Honda menegaskan, bahwasannya produk Civic produksi 2002 telah diumumkan masuk dalam daftar recall sejak Desember 2011. Konsumen sudah disarankan untuk melakukan penggantian inflator airbag pada bagian pengemudi.

Selang tiga tahun kemudian tepatnya pada 2014 Honda juga mengumumkan recall kembali untuk penggantian airbag di depan bagian penumpang. Selama delapan tahun sejak recall pertama itu, Honda mengklaim telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemilik mobil agar dilakukan penggantian airbag ke diler.

Sejumlah cara komunikasi juga dilakukan kepada pemilik, selain melalui surat. Hal yang sama juga dilakukan Honda Prospect Motor sebagai Agen Pemegang merek Honda di Indonesia.

Sejak kampanye ini berjalan, HPM telah mengirimkan pemberitahuan langsung kepada para pemilik kendaraan yang teridentifikasi ke alamat atau nomor telepon terakhir yang terdaftar melalui surat dan Whatsapp.

Selain itu, Honda juga banyak melakukan kerjasama dengan komunitas-komunitas pengguna mobil Honda di Indonesia. Recall untuk Inflator Airbag ini dilakukan sebagai pencegahan kemungkinan terjadinya keadaan dimana airbag mungkin mengembang secara berlebih.

Sehingga berpotensi mengakibatkan cedera serius dan/atau kematian pengemudi dan/atau penumpang depan pada saat terjadi kecelakaan. Konsumen juga dapat mengunjungi laman resmi Honda yaitu https://www.honda-indonesia.com untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Sebagai informasi ada beberapa mobil Honda yang terdampak yaitu Honda Civic tahun produksi 2001 – 2011, Honda Stream (2002 – 2006). Lalu Honda CR-V (2002 – 2012), Honda Accord (2003 – 2013), Honda City (2004 – 2013), Honda Jazz (2004 – 2014), Honda Odyssey (2004 – 2008), Honda Freed (2009 – 2015), Honda Brio (2013 – 2014).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini