Beranda Teknologi 13.000 Smartphone Vivo Ketahuan Pakai Nomor IMEI Yang Sama di India

13.000 Smartphone Vivo Ketahuan Pakai Nomor IMEI Yang Sama di India

3
0
13.000 Smartphone Vivo Ketahuan Pakai Nomor IMEI Yang Sama di India

Royyan.net – Perangkat ponsel diidentifikasi secara unik menggunakan nomor IMEI atau International Mobile Equipment Identity. Nomor ini terdiri dari 15 digit, yang ditetapkan oleh pabrikan perangkat sebagai identitas bahwa perangkat tersebut sah dan terdaftar serta legal untuk dipasarkan.

Terkait IMEI, baru-baru ini terungkap sebuah pabrikan smartphone mencurangi nomor IMEI mereka. Adalah Vivo yang ketahuan mengakali IMEI sebanyak 13.500 ponsel mereka di India. Belasan ribu ponsel itu beredar ke pasaran dengan nomor IMEI yang sama.

Dilansir dari TechRadar, Senin (8/6), penyelidikan beberapa ponsel cerdas Vivo dengan nomor IMEI sama dimulai ketika sub-inspektur kepolisian Meerut, India, mengetahui bahwa nomor IMEI-nya tidak orisinil atau pernah dipakai di perangkat lain. Hal ini diketahui ketika ia menerima ponsel itu dari pusat layanan di Delhi pada bulan September 2019. Kasus ini kemudian segera ditangani tim sel siber kepolisian Meerut.

Selama 5 bulan penyelidikan, terungkap bahwa ada lebih dari 13.500 smartphone Vivo di berbagai negara bagian India memiliki nomor IMEI yang sama. Ketika ditanyai, manajer pusat layanan Delhi menolak untuk mengubahnya.

Karena merusak nomor IMEI adalah pelanggaran hukum, polisi mengirim pemberitahuan kepada pihak Vivo India Harmanjit Singh di bawah Bagian 91 dari CrPC (Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana). Vivo India belum mengomentari masalah ini.

Meskipun nomor IMEI mungkin terdengar agak tidak relevan bagi pengguna biasa, namun hal itu menjadi masalah keamanan yang serius karena tidak memungkinkan bagi polisi untuk mencegat para penjahat.

Kembali pada tahun 2012, kejadian serupa dilaporkan ketika 18.000 telepon ditemukan menggunakan nomor IMEI yang sama.

Kemudian pada tahun 2017, pemerintah federal mengumumkan bahwa merusak nomor IMEI adalah pelanggaran yang dapat dihukum. Tahun lalu lebih 100 ribu ponsel curian ditemukan menggunakan nomor IMEI yang sama.

Meskipun ini dapat dilihat sebagai kelalaian pada perusahaan, Polisi Meerut telah memulai penyelidikan dalam masalah ini. Untuk mengakses nomor IMEI di ponsel apa pun juga mudah, cukup buka dialer dan ketik * # 06 #. Pengguna akan menjumpai nomor IMEI dengan kombinasi yang unik dan berbeda antara satu smartphone dengan smartphone lainnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini