Beranda Tips 1 Mbps Berapa Kbps Sih? Ini Dia Cara Menghitungnya

1 Mbps Berapa Kbps Sih? Ini Dia Cara Menghitungnya

2
0
1 Mbps Berapa Kbps Sih? Ini Dia Cara Menghitungnya

[Ilustrasi dari: Pixabay]

Royyan.net – Bagi kamu yang sering menggunakan internet untuk aktivitas sehari-hari, terkadang suka memikirkan mengenai mengenai kecepatan koneksi jaringannya.

Pada saat kamu melihatnya dengan menggunakan aplikasi penguji kecepatan koneksi internet seperti speedtest, biasanya akan muncul angka disertai dengan tulisan Kbps atau Mbps.

Sebagian dari kamu pastinya bertanya-tanya sebenarnya apa sih maksud dari tulisan tersebut? Kbps dan Mbps dalam hal ini melambangkan satuan kecepatan transfer data setiap detiknya, dimana Kbps merupakan kepanjangan dari Kilobit per second dan Mbps adalah Megabit per second.

Kemudian, bit (disimbolkan dengan huruf b kecil) merupakan satuan terkecil pembentuk data digital. Biasanya data-data akan dikirim dalam bentuk partikel bit sehingga membuatnya menjadi satuan kecepatan transfer data dalam sebuah jaringan internet.

Sementara itu, bit juga memiliki urutan besaran kecepatan dalam transfer data yang dinyatakan dari yang paling kecil mulai dari bps, Kbps, Mbps, Gbps, dan selanjutnya.

Sebenarnya besaran kecepatannya masih ada lagi, namun rata-rata kecepatan internet yang umum di Indonesia saat ini baru mencapai Gbps (mungkin di luar negeri sudah ada yang memasuki Tbps (Terabit per second)).

Untuk lebih mengetahui gambaran secara kasar dari perbedaan antara besaran kecepatan transfer data bps, Kbps, Mbps, dan Gbps, maka kamu dapat melihat tabel berikut ini.

Tabel Rincian Gbps, Mbps, Kbps

Besaran kecepatan transfer data Setara
1 Gbps
  • 1.000 Mbps
  • 1.000.000 Kbps
  • 1.000.000.000 bps
1 Mbps
  • 1.000 Kbps
  • 1.000.000 bps
1 Kbps
  • 1.000 bps
1 bps
  • 1 bps

Apabila dilihat dari tabel di atas, 1 Mbps setara dengan 1.000 Kbps. Dengan kata lain, besaran kecepatan transfer Mbps lebih besar dibandingkan dengan Kbps. Misalnya saja kamu melihat kecepatan 96 Mbps, maka bisa diartikan setara dengan 96.000 Kbps.

Begitu juga apabila kamu menulis 72.000 Kbps, maka sama saja dengan 72 Mbps. Namun dengan menuliskan Mbps, tentunya akan membuat penulisan angkanya menjadi lebih efisien karena kamu pasti akan mengingat bahwa setiap Mbps akan dikalikan dengan 1.000 Kbps.

Biasanya aplikasi penguji kecepatan internet yang dijalankan di komputer maupun perangkat mobile akan menunjukkan angka dengan besaran Mbps apabila kecepatan transfer datanya sudah melewati 1.000 Kbps.

Pada saat sudah menuju angka besar seperti 10.000 Kbps, maka penulisan 10 Mbps menjadi sesuatu yang efisien dan tidak memusingkan ketika terlihat di layar smartphone yang mempunyai lebar terbatas.

Jadi apabila kamu melihat sebuah kecepatan internet dengan besaran Mbps, maka tentunya sudah lebih dari 1.000 Kbps. Nah dengan begitu kamu tidak akan terkecoh jika ada paket internet yang menawarkan kecepatan internet yang masih Kbps dan sudah Mbps.

Baca lebih lanjut seputar gadget di royyan.net

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini